MANFAAT TUMBUHAN KUMIS KUCING UNTUK KESEHATAN


halo apa kabar para sahabat mybiologismart kai ini saya akan memberikan informasi tentang tumbuhan kumis kucing untuk mengobati asam urat ok leangsung aj di simak:


mungkin banyak di antara kita mengalami penyakit asam urat namun kita telah berobat kemana"  namun penyakit ini selalu saja kambuh kembali kali ini saya akan memberikan manfaat tumbuhan kumis kucing an cara mengolah nya ok untuk lebih jelasnya mari kita lihat di bawah ini.

klasifikasi:
Kingdom : Plantae
Subkingdom : Tracheobionta
Super Divisi : Spermatophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Sub Kelas : Asteridae
Ordo : Lamiales
Famili : Lamiaceae
Genus : Orthosiphon
Spesies : Orthosiphon aristatus

manfaat nya:
Masyarakat lebih sering menggunakan tanaman kumis kucing untuk menjalani terapi pengobatan herbal. Jenis daun yang dipakai kadang basah ada juga yang kering, tergantung bagaimana resep yang diberikan oleh pakar pengobatan tradisional.
Di tanah air daun kumis kucing kering berguna sebagai peluruh air kemih (diuretik), dan dijadikan obat rematik. Selain itu, kegunaan tanaman kumis kucing secara empiris lain juga sebagai obat batuk, encok, masuk angin dan konstipasi.
Bagian daun kumis kucing bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan radang ginjal, batu ginjal, sipilis, albuminuria, kencing manis, rematik, dan menurunkan kadar gula dalam darah. Penggunaan luar juga memanfaatkan sifat antibakterinya, misalnya menghilangkan rasa gatal akibat alergi.
Keampuhan tanaman kumis kucing sebagai tumbuhan obat tak lepas dari kandungan senyawa seperti glikosida orthosiphonin, zat samak, saponin, mineral seperti kalium, mionositol, sapofonin, dan sinensetin. Banyaknya kandungan tersebut membuat masyarakat tidak ragu dalam mengonsumsi buah ini sebagai obat dalam.

cara mengolah:

  • Untuk mengobati penyakit pada saluran air kencing dan batu ginjal ialah dengan memetik tangkai dan daun kumis kucing sebanyak 30 gram, kemudian ditambahkan daun meniran dan commelia communis masing-masing sebanyak 30 gram. Ketiga daun tersebut direbus sampai mendidih. Sesudah matang diamkan sampai dingin, lalu minum.
     
  • Untuk mengobati masalah pengeluaran air kemih (deuretik) serta kencing nan tersendat disertai dengan rasa sakit, pengobatannya ialah dengan daun kumis kucing kering. Daun nan kering tersebut diseduh seperti membuat teh, dan tambahkan gula aren.
    Untuk mengobati darah tinggi, siapkan daun kumis kucing nan basah dan kering sebanyak 50 gram. Bersihkan, kemudian rebus dengan air. Sesudah mendidih, saring hingga satu gelas. Minum satu gelas sehari.
     
  • Untuk mengobati demam, siapkan akar kumis kucing sebanyak 100 gram, kemudian rebus dalam air dan diamkan sampai mendidih. Sesudah mendidih diamkan sejenak sampai terasa hangat, saring hingga satu gelas. Cukup diminum satu gelas sehari.
     
  • Untuk meredakan gejala rematik, lumatkan 1 sendok kecil daunnya, campurkan dengan daun meniran sebanyak 1 sendok makan lalu rebus. Minum secara berkala.
     
  • Untuk mengobati sakit pinggang, ambil 2 pangkas akar dan 7 lembar daun, cuci hingga bersih. Rebuslah dalam air sebanyak 1 gelas lalu biarkan semalaman. Minum di pagi hari.  
 dan masih banyak lagi manfaat daun kumis kucing unttuk kesehatn

semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pengunjung mybiologismat ok tetap sehat di mybilogismart .

0 Response to "MANFAAT TUMBUHAN KUMIS KUCING UNTUK KESEHATAN"

Post a Comment

Blog Stats