DEFINISI HORMON CIRI-CIRI BESERTA FUNGSINYA

Selamat malam para sahabat mybiologismart di malam yang bahagia ini saya akan memberikan informasi tentang defini hormon.


Hormon

Adalah pembawa pesan kimiawi antar sel atau antar kelompok sel.semua organisme multiseluler,termasuk tumbuhan memproduksi hormon.

Hormon berada di dalam sirkulasi darah dan fluida sell untuk mencari sel target. ketika hormon menemukan sel target, hormon akan mengikat protein reseptor tertentu pada permukaan sel tersebut dan mengirim sinyal. reseptor protein akan menerima sinyal tersebut dan bereaksi baik dengan mempengaruhi ekspresi genetik sel atau mengubah aktivasi protein selular. termasuk di antaranya perangsangan atau penghambatan pertumbuhan serta apoptosis, pengaktifan atau penonaktifan sistem kekebalan, pengaturanmetabolisme dan persiapan aktivitas baru (misalnya terbang, kawin, dan perawatan anak), atau fase kehidupan (misalnyapubertas dan menopause).


ciri-ciri:
Diproduksi dan diekskresikan oleh kelenjar endokrin ke dalam darah dalam jumlah sangat sedikit.
Diangkut oleh darah menuju ke sel/jaringan target
Mengadakan interaksi dengan resptor khusus yang terdapat dalam sel target.
Mempunyai pengaruh mengaktifkan enzim khusus.
Mempunyai pengaruh tidak hanya terhadap satu sel target, tetapi dapat juga mempengaruhi beberapa sel target yang berlainan.


Fungsi:
Membantu tumbuh atau berhenti tumbuh
Membuat seseorang menjadi senang maupun sedih (Perasaan)
Mempercepat dan memperlambat Metabolisme
Purberitas
Mengatur naluri


Hormon sangat berguna bagi tubuh karna dengan ada nya hormon dapat mengatur semua fungsi tubuh terutama yang berhubunngan dengaan fungsi kimia dalam tubuh kita.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para sahabat dan tetap smart di mybiologismart.



0 Response to "DEFINISI HORMON CIRI-CIRI BESERTA FUNGSINYA"

Post a Comment

Blog Stats