PERBEDAAN ENDOSKLETON DENGAN EKSOSKLETON



Apa kabar sahabat mybiologismart di hari ini kami akan memberikan informasikan tentang "PERBEDAAN ENDOSKLETON DENGAN EKSOSKLETON" ok untuk lebih lanjut mari kita simak:

                                            




Rangka adalah bagian paling berguna bagi tubuh manusia dan pada hewan tulang terbagi 2 yaitu Endoskeleton (rangka dalam) dan Eksoskeleton (rangka luar) dan mari kita lihat penjelasan berikut di bawah ini.



Endoskeleton (rangka dalam):

Adalah rangka yang terletak di dalam tubuh dan disebut kerangka tulang atau berbasis tulang rawanyang ada sepenuhnya di dalam tubuh hewan,Semua vertebrata, termasuk manusia, memiliki endoskeleton. Endoskeleton ditandai dengan tulang belakang yang memanjang, melindungi organ internal hewan dari dalam.


Contoh:

Rangka pada hewan vertebrata, seperti ikan, katak, ular, dan Endoskeleton berfungsi sebagai pelindung dan tempat melekatnya otot. Pada hewan avertebrata endoskeleton misalnya terdapat pada Molusca yaitu cumi-cumi dan sotong. Endoskeleton terdapat juga pada hewan porifera.


Eksoskeleton (rangka luar):

Adalah rangka yang terletak di luar tubuh dan disebut juga juga bagian keras, struktur eksternal yang mendukung dan melindungi tubuh hewan. Eksoskeleton memberikan perlindungan dari predator namun membatasi pertumbuhan hewan. Banyak hewan memperbesar dengan cara melepas eksoskeleton mereka saat mereka tumbuh.

Contoh:

Rangka pada hewan avertebrata, seperti serangga, udang-udangan, laba-laba, kepiting, dan siput. Eksoskleton berfungsi sebagai pelindung tubuh dan memberi bentuk tubuh. Pada hewan vertebrata eksoskeleton terdapat pada burung, reptil dan ikan yang.


Rangka sangat banyak fungsinya bagi tubuh hewan baik dalam membentuk struktur tubuh dan ada juga yang berguna untuk melindungi tubu seperti Eksoskeleton (rangka luar).

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para sahabat dan tetap smart di mybiologismart.






0 Response to "PERBEDAAN ENDOSKLETON DENGAN EKSOSKLETON"

Post a Comment

Blog Stats