SISTEM KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP

banyak macam macam sistem klasifikasi mahluk hidup dan yang akan kita bahas di bawah ini ok mari kita simak

macam macam sistem klasifikasi mahluk hidup:

1.    Sistem Dua Kingdom
Pada awalnya para ahli  taksonomi  mengklasifikasikan mahkluk hidup menjadi 2 kerajaan (sistem dua kingdom) yaitu Tumbuhan (Kingdom Plantae) dan Hewan (Kingdom Animalia), hal ini didasarkan pada : Bahwa pada kenyataannya kelompok tumbuhan memiliki dinding sel yang tersusun dari selulosa. Tumbuhan memiliki klorofil yang berfungsi untuk membuat makanan sendiri dengan melalui proses fotosintesis, dan tidak bisa bergerak dan berpindah tempat. Hewan tidak memiliki dinding sel sehingga tidak bisa membuat makanannya sendiri, dan bisa bergerak serta berpindah tempat.
 

2.    Sistem Tiga Kingdom
Sistem klasifikasi terus berkembang dengan ditemukannya bahwa ada tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga tidak bisa membuat makanannya sendiri  yaitu jamur (fungi), sehingga oleh para ahli taksonomi dikelompokkan tersendiri kedalam kingdom fungi. Pengelompokan mahluk hidup menjadi tiga kelompok yaitu Tumbuhan (Kingdom Plantae), Hewan (Kingdom Animalia) dan Fungi (jamur).
 

3.    Sistem Empat Kingdom
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan tentang struktur sel/susunan sel, maka para ahli meneliti tentang ada tidaknya inti sel mahkluk hidup, dimana sel yang memiliki membran inti disebut eukariotik dan sel yang tidak mempunyai membran inti disebut  prokariotik.  Monera tergolong mahkluk hidup yang prokariotik.  Pengelompokan mahkluk hidup didasarkan pada ada tidaknya membran inti sel ini, sehingga monera dikelompokkan kedalam kingdom tersendiri.  Pengelompokan  mahkluk hidup menjadi empat kelompok yaitu Tumbuhan (Kingdom Plantae), Hewan (Kingdom Animalia), Fungi (jamur), dan Monera (bakteri).  
 

4.    Sistem Lima Kingdom
Robert H. Wittaker pada tahun 1969 mengelompokkan mahkluk hidup menjadi lima kingdom yaitu Tumbuhan  (Kingdom Plantae), Hewan (Kingdom Animalia), Fungi (jamur), Monera (bakteri) dan Protista. Pengelompokan ini berdasarkan pada susunan sel, cara makhluk hidup memenuhi makanannya dan tingkatan – tingkatan mahkluk hidup.

semoga bermanfaat buat para sahabat dan jangan lupa lihat postingan mybiologismart yang lain nya terima kasih :-)

0 Response to "SISTEM KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP"

Post a Comment

Blog Stats